Tutorial Perkenalan Tools Dan Fungsi Tombol Dalam Blender

       Blender adalah aplikasi 3D  untuk menciptakan contoh & animasi . Blender ini dapa diunduh secara gratis . Pada Pembahasan kali ini , kita kan membahas fungsi dari tools dalam pelaksanaan blender . Aplikasi blender ini versi 2.80 yang tampilan gambarnya bias dicermati dari  pada gambar dua.1        

Pada gambar 2.1 adalah tampilan awal sajian dari pelaksanaan blender , Pada tampilan awal blender ini anda akan menerima tampilan awal halaman penuh menggunakan tombol shortcut. Pastikan anda disini memakai mouse buat memudahkan dalam schroll tengah & memutar kamera pada blender . Berikut ini menu- menu navigasi pada blender :

Orbit merupakan memutar lbr kerja dalam Blender.Cara melakukannya yaitu klik tombol orbit lalu klik tengah mouse dan geser mouse kearah sudut pandang yg anda inginkan .

Zoom dipakai buat memperbesar dan memperkecil tempilan pada lembar kerja . Cara melakukannya yaitu menggunakan anda scroll tombol tengah mouse atau klik tombol zoom lalu scroll kedepan untuk zoom in dan kebelakang buat zoom out.Menggeser Objek

Anda bisa menggeser objek dengan klik arah koordianat objek (x,y, dan z ) atau menggunakan mengklik tombol G dan klik kiri buat melepaskan objek .Memutar Objek

Anda bisa memutar objek menggunakan mengunakan rotate atau dengan klik R dan gerakkan mouse kea rah yang diinginkanMengubah ukuran objek

Untuk mengganti berukuran skala objek, anda dapat menggunakan Scale atau dengan mengklik tombol S & gerakkan mouse buat memperbesar atau memperkecil . Klik kiri untuk melepaskan objek .Seleksi Objek

Untuk menyeleksi objek kiri kanan pada objek atau dengan klik B & pilih wilayah yg diseleksi menggunkan mouse . Objek yang berhasil diseleksi akan berubah rona.Tombol view

Untuk memudahkan pada objek 3 dimensi , tentu anda nir hanya melihat menurut sudut pandang saja . Anda dapat membarui tampilan sudut pandang blender dengan tombol-tombol nomorpada bagian kanan keyboard . Untuk lebih jelas akan dijelaskan

Dalam berikut:0 = Kamera view1 = Front viewdua = orbit down ( memutar ke bawah)tiga = left view4 = orbit left (memutar kekiri)lima = perspective6 = orbit right (memutar kekanan)7 = top view8 = orbit top (memutar keatas)Fungsi Tools Pada BlenderFungsi tools Keyboard pada BlenderTAB key – Berfungsi buat mengganti antara “edit mode” & “object select mode”.“O” key –Berfungsi buat mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.“A” key – Berfungsi buat memilih seluruh vertices yang terdapat pada sebuah obyek.“B” key – Berfungsi buat memilih poly obyek menggunakan memakai windows drag.Space bar – Berfungsi buat menampilkan sajian tool.Number pad – Berfungsi buat mengontrol view. “7” buat “top”, “1” buat “front”, “3” buat “side”, “0” untuk “camera”, “lima” buat “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yg telah dipilih, “+” dan “-“ buat memperbesar atau memperkecil.Mouse – Klik kiri berfungsi buat membarui, Klik kanan berfungsi buat memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi buat memperbesar dan merotasi view.Shift key – Berfungsi buat memilih obyek lebih menurut satu menggunakan cara menunda tombol Shift dan Klik kanan.Arrow key – Berfungsi buat pembuatan frame pada sebuah animasi.“R” key – Berfungsi buat merotasi sebuah obyek atau vertices.“S” key – Berfungsi buat mengatur skala sebuah obyek atau vertices.“G” key – Berfungsi buat memindahkan sebuah obyek atau vertices.“P” key – Berfungsi buat memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.Shift + “D” – Berfungsi buat menduplikat sebuah obyek atau vertices.“E” key – Berfungsi buat meng-extrude vertices yg sudah dipilih didalam “edit mode”.“U” key – Didalam “object mode” berfungsi buat menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.“M” key – Berfungsi buat memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai “Mirror”.“Z” key – Berfungsi untuk merubah view menurut wireframe sebagai solid.Alt + “Z” – Berfungsi buat merubah view tekstur atau tembus pandang.“P” key – Berfungsi buat memulai mode game.ALT / CTRL + “P” – Berfungsi buat membuat atau menghapus interaksi Parent/Child.“N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek pada bentuk numeric.Ctrl + “J” – Berfungsi buat menggabungkan obyek.Alt + “A” – Berfungsi buat menjalankan animasi.“F” key – Berfungsi buat menciptakan sebuah sisi pada “edit mode”.“W” key – Ekspresi Boolean buat menggabungkan atau mengiris dalam dua obyek atau lebih.“X” atau Delete – Berfungsi buat menghapus obyek, vertices, atau sisi.Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.“I” key – Berfungsi buat memasukkan animasi.ALT + “U” – Berfungsi buat menampilkan “Global Undo Command”.ALT + “C” – Berfungsi buat mengkonversi sebagai meshes, text & curves.Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan semua layar atau hanya dalam viewport yg aktif saja.Ctrl + “0” – Berfungsi buat memilih sebuah camera.

1. Menu FileAppend = Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari arsip Blender yg satu ke file Blender yg lainnya, perlu menggunakan append command.Save = menyimpan hasil kerjaSave As = menyimpan output kerja menggunakan nama lainExport/Import = kemampuan Blender buat menerima beberapa jenis 3D arsip berdasarkan acara lain. Blender dapat menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari acara lain ataupun jua kebalikannyaView Port = Pada View Port, masih ada 3 objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X & Y. & didalam view port ini kita mampu melihat project pada banyak sekali macam sudut dan bisa mengatur letak dan kamera dan sebagainya.

2. Menu ADDAdd dipakai buat menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting & objek 3D.Render berfungsi buat melihat hasil Rendering dan settingnya.Help digunakan buat melihat bagaimana Blender bekerja & aneka macam jawaban buat pertanyaan berdasarkan user.

3. Tool ButtonTranslate Manipulator Mode Berfungsi buat mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, jika menggunakan keboard sanggup secara langsung menekan Ctrl+Alt+G.Rotate Manipulator ModeBerfungsi buat memutar objek. Disimbolkan berupa bundar hijau, jika menggunakan keyboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+R.Scale Manipulator ModeBerfungsi buat memperbesar dan memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, jika menggunakan keyboard sanggup secara langsung menekan Ctrl+Alt+S.Transform OrientationBerfungsi buat mengabungkan beberapa objek.Rotating/ Scaling pivotBerfungsi memutar & memperbesar atau memperkecil dalam area pivot, pivot merupakan titik pusat suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan pertanda panah. Pivot adalah titik pusat menurut suatu objek  secara default pada Blender kita memakai Median Point.ModelingBerfungsi buat membuat contoh 3D awal.UV MappingBerfungsi buat memindahkan objek berdasarkan vertex.TexturingAdalah pembuatan textur dalam objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan Blender.RiggingBerfungsi buat pembuatan tulang atau bones pada objek.SkinningBerfungsi buat pembuatan kulit dalam objek atau contoh.AnimasiBerfungsi buat pembuatan animasi atau objek berkecimpung secara timeline/ ketika.ParticleBerfungsi buat pembuatan particle pada objek atau contoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *