Perintah-perintah Dasar Pada Blender

TAB – Mengubah syarat antara Object Mode dan Edit Mode

O – Mengubah kondisi antara Propotional Editing Object On dan Off

A – Melakukan seleksi dan non seleksi ke seluruh objek kerja

B – Melakukan seleksi objek menggunakan cara pada Drag

Space Bar – Memunculkan fungsi search atau menu tool

Arrow – Berfungsi untuk pembuatan frame pada sebuah animasi

R – Merotasi sebuah obyek atau vertices

S – Mengatur skala sebuah obyek atau vertices

G – Memindahkan sebuah obyek atau vertices

P – Memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam edit mode

Shift + D – Menduplikat sebuah obyek atau vertices

E – Extrude vertices yang telah dipilih didalam edit mode

U – Didalam object mode berfungsi buat menampilkan Single User hidangan, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai undo

M – Memindahkan obyek ke layer lain. Didalam edit mode berfungsi sebagai mirror

Z – Merubah view berdasarkan wireframe sebagai solid

Alt + Z – Merubah view tekstur atau tembus pandang

ALT / CTRL + P – Membuat atau menghapus interaksi Parent/Child

N – Menampilkan berita sebuah obyek pada bentuk numeric

Ctrl + J – Menggabungkan obyek

Alt + A – Menjalankan animasi

F – Membuat sebuah sisi dalam edit mode

W – Ekspresi Boolean buat menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih

X atau Delete – Menghapus obyek, vertices, atau sisi

ALT + U – Menampilkan Global Undo Command

ALT + C – Mengkonversi menjadi meshes, text & curves

Shift + Space – Menampilkan seluruh layar atau hanya dalam viewport yg aktif

Ctrl + 0 – Memilih sebuah cameraM – Memindahkan obyek ke layer lain. Didalam edit mode berfungsi sebagai mirror

Z – Merubah view berdasarkan wireframe sebagai solid

Alt + Z – Merubah view tekstur atau tembus pandang

ALT / CTRL + P – Membuat atau menghapus hubungan Parent/Child

N – Menampilkan berita sebuah obyek pada bentuk numeric

Ctrl + J – Menggabungkan obyek

Alt + A – Menjalankan animasi

F – Membuat sebuah sisi pada edit mode

W – Ekspresi Boolean buat menggabungkan atau mengiris pada dua obyek atau lebih

X atau Delete – Menghapus obyek, vertices, atau sisi

ALT + U – Menampilkan Global Undo Command

ALT + C – Mengkonversi sebagai meshes, text & curves

Shift + Space – Menampilkan seluruh layar atau hanya dalam viewport yg aktif

Ctrl + 0 – Memilih sebuah camera

· Append = Ketika anda menginginkan buat memasukkan elemen berdasarkan arsip Blender yg satu ke file Blender yg lainnya, perlu menggunakan append command.

· Save = menyimpan output kerja

· Save As = menyimpan hasil kerja menggunakan nama lain

· Export/Import = kemampuan Blender buat mendapat beberapa jenis 3D file dari acara lain. Blender dapat menyimpan ke dalam bentuk arsip 3D dari program lain ataupun pula kebalikannya

Add digunakan buat menambahkan objek-objek, misalnya kamera, lighting & objek 3D. Render berfungsi buat melihat hasil Rendering dan settingnya.

• Help digunakan buat melihat bagaimana Blender bekerja & banyak sekali jawaban buat pertanyaan menurut user.

Pada View Port, masih ada tiga objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. & didalam view port ini kita bisa melihat project dalam aneka macam macam sudut dan bisa mengatur letak dan kamera serta sebagainya.

Berikut beberapa tools button yang biasa digunakan pada Blender :

Berfungsi buat mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, apabila memakai keboard mampu secara langsung menekan Ctrl+Alt+G.

Berfungsi buat memutar objek. Disimbolkan berupa lingkaran hijau, apabila memakai keyboard sanggup secara eksklusif menekan Ctrl+Alt+R.

Berfungsi buat memperbesar & memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, bila menggunakan keyboard mampu secara langsung menekan Ctrl+Alt+S.

Berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.

Berfungsi memutar & memperbesar atau memperkecil dalam area pivot, pivot adalah titik pusat suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan indikasi panah. Pivot adalah titik sentra menurut suatu objek, secara default pada Blender kita memakai Median Point.

Verfungsi buat membuat model 3D awal.

Berfungsi buat memindahkan objek berdasarkan vertex.

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar berdasarkan kita sendiri, ataupun berdasarkan bawaan Blender.

Berfungsi buat pembuatan tulang atau bones dalam objek.

Berfungsi buat pembuatan kulit dalam objek atau model.

Berfungsi buat pembuatan animasi atau objek berkecimpung secara timeline/ saat.

Berfungsi buat pembuatan particle pada objek atau model.< /br> Basic Blender Shortcut:

• Multiple obyek: shift + klik kanan

• Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf

• Menghapus obyek (vertex, edge, face): x

• Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel

• Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C ; Gunakan menu ini buat select Center New, Center Cursor atau ObData to Center• Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar

• Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, kemudian LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak

• Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini buat mempercepat perpindahan seleksi

• Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B & LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view buat melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi buat mengembalikan ke posisi normal.

• Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale

• Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *