Tips Merawat Peralatan Dapur dengan Bahan Kayu Agar Tidak Berjamur

Jual Pengaturan Dinding Dapur Minimalis

Peralatan kayu sering digunakan untuk berbagai peralatan dapur, baik talenan, sendok kayu, sendok masak dan sebagainya. Alat masak yang terbuat dari kayu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan peralatan masak yang terbuat dari logam atau stainless steel.

Permukaannya tidak menyebabkan goresan dan tidak mengubah rasa hidangan. Namun, peralatan kayu membutuhkan perawatan khusus agar tidak berjamur, berikut tips merawatnya!

 

  1. Mencuci peralatan dapur dengan air panas dan sabun ringan

Salah satu kesalahan terbesar dalam merawat peralatan dapur dari kayu adalah dengan mencucinya di mesin pencuci piring. Karena panas, detergen yang kuat, dan air dapat menyebabkan peralatan kayu retak atau pecah dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, Anda harus mencuci peralatan kayu dengan tangan sesegera mungkin setelah digunakan. Gunakan air panas dengan sabun lembut dan Anda dapat menggunakan spons atau bantalan gosok nilon jika Anda benar-benar ingin menghilangkan noda dan sisa makanan yang tersisa.

 

  1. Bersihkan peralatan kayu yang baru dicuci

Setelah dicuci, buang sisa air dari peralatan kayu dengan cara menyeka atau menyeka dengan kain atau handuk bersih. Hal ini dilakukan untuk mencegah kayu menyerap terlalu banyak air.

Karena kondisi lembab dapat menyebabkannya mengembang dengan cepat dan mempercepat keretakan. Bukan hanya itu, kayu yang lembap juga bisa memicu tumbuhnya jamur.

 

  1. Biarkan hingga benar-benar kering

Setelah Anda mencuci dan mengeringkan peralatan kayu Anda, jangan langsung disingkirkan. Biarkan air benar-benar kering dahulu.

Kalau tidak, tetesan air yang terperangkap di rongga-rongga di kayu tidak akan kering sepenuhnya, dan seiring waktu akumulasi ini juga dapat mematahkan kayu. Oleh karena itu, selalu pastikan peralatan kayu benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

 

  1. Jangan biarkan semalaman

Setelah memasak biasanya Anda merasa sangat lelah. Tak pelak, muncul keinginan untuk menunda pembersihan peralatan dapur dan akhirnya meninggalkan piring dan peralatan kayu tergeletak di sekitar dan menyembunyikannya semalaman untuk menyentuhnya keesokan harinya.

Sebenarnya ini bisa mempercepat kerusakan kayu. Membiarkannya basah kuyup dan kotor dengan sisa makanan semalaman dapat membuat kayu menyerap air, menyebabkannya membengkak dan mempercepat dekomposisinya.

 

  1. Gosok dengan Mineral Oil

Agar peralatan kayu tetap mengkilap dan dalam kondisi prima, olesi dengan Mineral Oil sebulan sekali. Minyak mineral dapat membantu peralatan kayu lebih tahan air dan menjaga kualitas alaminya.

Jadi luangkan waktu untuk mengolesi sendok, piring dan mangkuk dengan minyak mineral yang baik. Hindari menggunakan minyak zaitun atau minyak canola.Karena kedua minyak tersebut berbahan dasar makanan dan bisa membuat peralatan kayu Anda berbau tidak sedap dan tengik..

 

  1. Gosok noda-noda kasar dengan amplas

Kadang-kadang, setelah menggunakan perkakas kayu dalam waktu lama, muncul bintik-bintik kasar di mana kayu sudah tidak halus lagi. Tapi jangan khawatir, ini bisa dengan mudah diperbaiki dengan mengampelasnya.

Caranya sangat sederhana, ampelas kayu secara kasar hingga halus saat disentuh. Kemudian gosok dengan minyak mineral untuk mengembalikannya ke kualitas seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *