Kembangkan Hobi Bermain Catur Online dan Dapatkan 7 Manfaat Ini

6 Aplikasi Permainan Catur Online Terbaik dan Gratis dari Ponsel | Indozone .id

Catur online merupakan salah satu inovasi dari kegiatan main catur yang konvensional. Inilah beberapa manfaat dari kegiatan bermain chess menggunakan smartphone atau laptop secara virtual.

  • Melatih Pertumbuhan Literal

Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki dampak luar biasa untuk melatih dan mengembangkan otak. Pertumbuhan literal atau yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa terjadi karena kegiatan bermanfaat ini.

  • Membuat Dendrit Otak Tumbuh

Dendrit otak yang merupakan cabang seperti pohon yang menghantarkan sinyal dari sel saraf lain ke dalam neuron tempat mereka melekat. Jadi belajar catur di usia muda membuat dendrit-dendrit itu tumbuh tanpa henti.

Dengan mengaksesnya secara online, Anda juga akan bisa memaksimalkan kinerja otak, karena manfaatnya sama saja. Hanya berbeda pada medianya saja.

  • Melatih Kedua Sisi Otak

Penelitian banyak yang menunjukkan bahwa ketika ahli catur diberi posisi dan bentuk geometris untuk mengidentifikasi, tidak hanya otak kiri pemain yang aktif, tetapi secara mengejutkan belahan otak kanan juga sama aktifnya.

Ketika sedang mempelajari aturan dan teknik saat bermain catur, Anda sebenarnya sedang melatih dan mengembangkan kedua sisi otak. Apalagi, jika Anda bermain catur online, maka koordinasi tersebut cukup terbatas, karena dibatasi oleh frame layar, sehingga koordinasi ini akan semakin maksimal.

  • Membuat Otak Selalu Berpikir

Catur merupakan permainan yang membuat otak berpikir. Seperti otot, otak perlu tetap fit, berolahraga secara teratur dan menghindari cedera.

  • Membantu Mencegah Alzheimer

Studi medis menunjukkan bahwa bermain catur mengurangi risiko demensia, serta mencegah gejalanya karena bermain catur akan bisa membantu mengembangkan fungsi otak. Karena itulah, kegiatan main catur sangat bisa mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer.

  • Meningkatkan Level IQ

Catur merupakan permainan yang akan meningkatkan IQ, dan itu bukanlah hal yang baru. Dengan perkembangan teknologi, catur online bisa diakses dimana saja dan kapan saja, sehingga akan bisa memaksimalkan IQ anak karena sering dilatih.

Faktanya, sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa catur dapat meningkatkan IQ anak jika dimainkan secara teratur. Dengan adanya media online, maka Anda tak perlu membawakan si kecil papan dan bidak yang mudah hilang.

  • Meningkatkan Kapasitas Memori

Pemain catur yang baik memiliki kinerja memori dan daya ingat yang luar biasa. Saat bermain catur Anda harus mengingat gerakan lawan Anda, karena mengingat posisi tersebut akan dapat memaksimalkan strategi.

Hanya mengingat sebagian besar langkah dan strategi ternyata sudah cukup untuk meningkatkan daya ingat.  Ya, catur masih merupakan cabang olahraga yang menyehatkan dan bisa mendorong anak-anak untuk mengingat masa lalu yang indah.

Bukan hanya materi dan strategi, tetapi anak-anak akan juga memiliki banyak memori saat bermain yang terintegrasi dengan ingatan tentang permainan. Catur akan selalu menjadi olahraga hebat yang dapat diikuti oleh semua orang.

Anda bisa saja hanya untuk bersenang-senang atau memiliki keinginan menggeluti cabang olahraga ini untuk sebuah kejuaraan. Yang jelas, olahraga tersebut memang menjadi salah satu andalan untuk kesehatan otak dan keseimbangan mental.

Dengan berkembangnya teknologi, seseorang tak perlu repot lagi membawa papan catur serta bidak, dimana jumlahnya bisa berkurang saat jatuh akibat ukuran bidak terlalu kecil. Karena itulah, Anda bisa memanfaatkan catur online yang dapat diakses menggunakan smartphone maupun laptop dimanapun dan juga kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *