Cara Mudah Menulis Cerpen Bagi Pemula

Ketika Anda mendatangi tempat jasa cetak buku, tentu ada banyak sekali jenis naskah yang akan dicetak mulai dari buku novel, skripsi, tugas akhir, cerita pendek dan lain sebagainya. Namun bagi seorang penulis, bagaimana cara mudah menulis cerpen jika masih pemula?

Cara Mudah Menulis Cerpen Bagi Pemula

Bagi Anda yang pelum pernah menyusun cerpen sebelumnya, maka bisa belajar dengan mengetahui struktur penulisannya terlebih dahulu. Apabila terwujud, naskah ini nantinya akan berhasil mencapai tahap cetak buku hingga diterbitkan ke banyak orang. Berikut cara mudah memulainya:

  1. Menyisihkan Waktu 10 – 20 Jam

Cara memulai membuat cerpen yang mudah adalah dengan menyisihkan waktu 10 hingga 20 jam untuk menghasilkan karya. Meskipun Anda menilai bahwa durasi tersebut cukup lama sebenarnya digunakan mulai dari penemuan ide sampai penyusunan tulisan.

Umumnya penggunaan waktu ini akan berbeda-beda tergantung dengan penulisnya masing-masing. Perbedaan ini didasarkan oleh proses pengerjaan dan jumlah kata harus ditulis sehingga memerlukan lama yang tidak sama.

  1. Mencari Ide

Ide yang Anda gunakan untuk menulis sebuah cerpen sebenarnya tidak harus rumit. Terlebih sebagai seorang pemula, maka lebih disarankan fokus pada bagaimana cara menampilkan cerita dengan baik melalui cara mudah dan ringan.

Sebagai contohnya yakni Anda bisa menggunakan ide dari kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, seorang pemulis pemula tentu akan lebih mudah untuk mengembangkannya karena tidak perlu melakukan riset atau wawancara guna mendapatkan sumbernya.

  1. Menulis dengan Gaya Tulisan Sendiri

Menulis dengan gaya tulisan sendiri sebenarnya bergantung dengan kemampuan penulis masing-masing. Jangan berusaha untuk menjadi orang lain agar dikenal banyak orang. Justru hal ini sebenarnya harus dihindari terutama bagi pemula.

Anda hanya perlu menulis sesuai dengan kemampuan dan karakteristik yang dimiliki. Apabila saat ini mampu menghasilkan beberapa dialog saja pada sebuah cerpen, maka hal ini pun tidak menjadi masalah asalkan tetap berkembang setiap harinya.

3 tips di atas bisa Anda terapkan jika ingin menulis sebuah cerpen. Nantinya kumpulan cerita pendek ini bisa dicetak bersama di jasa cetak buku. Meskipun memerlukan waktu lama namun akan terasa hasilnya jika dilakukan secara konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *