Shortcut ‘blender’

1. shortcutG = geserS = scallingR = rotateZ = memakai mode wireframeAlt + “Key” = buat undo/mereset/mengembalikan ke proses semula, contohnya “Alt+R” berarti mengembalikan obyek ke bentuk sebelum di rotasi, “Alt+S” berarti mengembalikan obyek ke bentuk sebelum pada scalling.A = select Alln = n propertiest = memunculkan/menyembunyikan “object tools”K = buat memunculkan knife (pisau), buat mengakhiri mutilasi ini gunakan “space”.M = disini nanti akan ada pilihan “move to layer”.F = pada edit mode, saat kita mengaktifkan beberapa vertex, maka kita dapat membuat face baru dengan menekan tombol F.Ctrl + Alt + S = scale menipisShift + A = AddShift + D = duplicateShift + S = snapShift + C = snap cursor to center.Shift + G = select similarShift + space = menampilkan full screen dalam bagian eksklusifctrl + j = join (menggabungkan benda)ctrl + p = set parent to. (mungkin semisal grouping obyek).tab = buat berpindah ke edit mode / object modectrl + tab = ketika dalam fase edit mode, digunakan buat menentukan seleksi yang dipakai. misal : vertex, edge, ataupun face.ctrl + e = pengaturan tambahan dalam edge.shift + space = agar area kerja eksklusif sebagai full screen. (misal : timeline, area kerja, dll). Untuk mengembalikannya tinggal tekan “shift + space” lagi..+ = zoom in, – = zoom outF6 = buat menampilkan sajian tambahan, contohnya menambah atau mengurangi verticle, radius, depth, dkk. Biasanya hanya akan muncul waktu suatu obyek baru pertama kali dibuat.shift+h = untuk menghidden obyek selain yang diseleksi.alt+h = buat menampilkan balikobyek yang di hidden tadi.ctrl+n = buat mengembalikan obyek kedalam bentuk normal.

2. SeleksiB = menciptakan block selection (border select)C = menciptakan block selection dalam bentuk lingkaan (cirlcle select). Circle select ini relatif unik lantaran kita sanggup menggeser cursor sampai tentang obyek-obyek lainnya yang mana nantinya obyek tadi akan terselect.Ctrl + (geser klik kiri) = buat menyeleksi obyek yang ada pada range yang sudah kita buat menggunakan shortcut ctrl+left_mouse tadi.

tiga. shortcut (tampak/tampilan)7 = tampak atas1 = tampak depantiga = tampak kananlima = buat tampak perspektif / nir0 = seperti tampak penekanan pribadi menurut kamera.angka sisanya silahkan dicoba-coba saja.catatan : apabila ditambah ctrl maka berlaku sebaliknya.Apabila kita memakai netbook yg mana tidak masih ada tombol numpad, maka supaya mampu memfungsikan nomordalam keyboard netbok tadi, kita perlu mengaktifkan “emulate numpad” pada user preferences dalam tab “input”.

tiga. Camera0 = melihat tampilan yang masuk didalam kamera saat di render.Ctrl + Alt + 0 = buat mengaktifkan posisi camera supaya posisinya berpindah sesuai dengan tampilan yg sedang aktif.Ctrl + 0 = apabila terdapat 2 atau lebih kamera, Ctrl+0 dipakai buat mengaktifkan kamera yang ingin dipakai.Shift + F + Scroll mouse = dalam mode camera, bisa digunakan buat memajukan atau memundurkan view dari kamera tersebut.

4.  Timelinei = insert keyframeE = end keyframeAlt + A = playback

lima. Edit Modew = special. (ini nanti bisa digunakan buat switch direction).y = buat memisahkan face yg dipilih.h = untuk menyembunyian (hidden) face yang dipilih.

6. Knife Toolk = shortcut buat knife toolsehabis k, kita pula dapat menambahkan z supaya pemotongan yang kita lakukan dapat cut through. begitu juga menggunakan menambahkan menekan c agar pada pemotongan tadi kita dapatkan perpotongan garis yang lurus baik vertikal, horizontal ataupun serong.sehabis melakukan perpotongan, kita bisa memisahkan bagian yg terpotong tersebut dengan menekan “v”. Untuk menyeleksi keseluruhan menurut residu mutilasi tersebut bisa dilakukan dengan cara menekan tombol “L”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *