Perintah Dasar Pada Blender

•TAB key – Berfungsi buat membarui antara “edit mode” dan “objectselect mode”. • “O” key –Berfungsi buat mengaktifkan “proportional vertex editing” pada“edit mode”.• “A” key – Berfungsi buat memilih seluruh vertices yg masih ada dalamsebuah obyek.• “B” key – Berfungsi buat memilih poly obyek dengan menggunakanwindows drag.• Space bar – Berfungsi buat menampilkan menu tool.• Number pad – Berfungsi buat mengontrol view. “7” buat “top”, “1”buat “front”, “3” untuk “side”, “0” buat “camera”, “5” buat“perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yg sudah dipilih, “+” & “-“buat memperbesar atau memperkecil.• Mouse – Klik kiri berfungsi buat membarui, Klik kanan berfungsi buatmenentukan, Klik tengah atau scroll berfungsi buat memperbesar danmerotasi view.• Shift key – Berfungsi buat memilih obyek lebih menurut satu menggunakan caramenunda tombol Shift dan Klik kanan.• Arrow key – Berfungsi buat pembuatan frame dalam sebuah animasi.• “R” key – Berfungsi buat merotasi sebuah obyek atau vertices.• “S” key – Berfungsi buat mengatur skala sebuah obyek atau vertices.• “G” key – Berfungsi buat memindahkan sebuah obyek atau vertices.• “P” key – Berfungsi buat memisahkan vertices yang dipilih sebagai sebuahobyek didalam “edit mode”.• Shift + “D” – Berfungsi buat menduplikat sebuah obyek atau vertices.• “E” key – Berfungsi buat meng-extrude vertices yg telah dipilih didalam“edit mode”.• “U” key – Didalam “object mode” berfungsi buat menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi menjadi “undo”.• “M” key – Berfungsi buat memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “editmode” berfungsi sebagai “Mirror”.• “Z” key – Berfungsi buat merubah view menurut wireframe sebagai solid.• Alt + “Z” – Berfungsi buat merubah view tekstur atau tembus pandang.• “P” key – Berfungsi buat memulai mode game.• ALT / CTRL + “P” – Berfungsi buat membuat atau menghapus interaksiParent/Child.• “N” key – Berfungsi buat menampilkan info sebuah obyek pada bentuknumeric.• Ctrl + “J” – Berfungsi buat menggabungkan obyek.• Alt + “A” – Berfungsi buat menjalankan animasi.• “F” key – Berfungsi buat menciptakan sebuah sisi pada “edit mode”.• “W” key – Ekspresi Boolean buat menggabungkan atau mengiris dalam 2obyek atau lebih.• “X” atau Delete – Berfungsi buat menghapus obyek, vertices, atau sisi.• Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = LampButtons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = AnimationButtons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons,F11 = Last Render, F12 = Render.• “I” key – Berfungsi buat memasukkan animasi.• ALT + “U” – Berfungsi buat menampilkan “Global Undo Command”.• ALT + “C” – Berfungsi buat mengkonversi sebagai meshes, text dancurves.• Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya dalamviewport yang aktif saja.• Ctrl + “0” – Berfungsi buat menentukan sebuah camera.TAB key – Berfungsi buat mengganti antara “edit mode” & “objectselect mode”. • “O” key –Berfungsi buat mengaktifkan “proportional vertex editing” dalam“edit mode”.• “A” key – Berfungsi buat menentukan seluruh vertices yg masih ada dalamsebuah obyek.• “B” key – Berfungsi buat memilih poly obyek dengan memakaiwindows drag.• Space bar – Berfungsi buat menampilkan sajian tool.• Number pad – Berfungsi buat mengontrol view. “7” untuk “top”, “1”buat “front”, “3” buat “side”, “0” buat “camera”, “lima” buat“perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yg sudah dipilih, “+” dan “-“buat memperbesar atau memperkecil.• Mouse – Klik kiri berfungsi untuk membarui, Klik kanan berfungsi untukmenentukan, Klik tengah atau scroll berfungsi buat memperbesar &merotasi view.• Shift key – Berfungsi buat menentukan obyek lebih berdasarkan satu dengan caramenahan tombol Shift dan Klik kanan.• Arrow key – Berfungsi buat pembuatan frame pada sebuah animasi.• “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.• “S” key – Berfungsi buat mengatur skala sebuah obyek atau vertices.• “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.• “P” key – Berfungsi buat memisahkan vertices yg dipilih sebagai sebuahobyek didalam “edit mode”.• Shift + “D” – Berfungsi buat menduplikat sebuah obyek atau vertices.• “E” key – Berfungsi buat meng-extrude vertices yang sudah dipilih didalam“edit mode”.• “U” key – Didalam “object mode” berfungsi buat menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.• “M” key – Berfungsi buat memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “editmode” berfungsi sebagai “Mirror”.• “Z” key – Berfungsi buat merubah view berdasarkan wireframe menjadi solid.• Alt + “Z” – Berfungsi buat merubah view tekstur atau tembus pandang.• “P” key – Berfungsi buat memulai mode game.• ALT / CTRL + “P” – Berfungsi buat membuat atau menghapus interaksiParent/Child.• “N” key – Berfungsi untuk menampilkan gosip sebuah obyek dalam bentuknumeric.• Ctrl + “J” – Berfungsi buat menggabungkan obyek.• Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.• “F” key – Berfungsi buat menciptakan sebuah sisi pada “edit mode”.• “W” key – Ekspresi Boolean buat menggabungkan atau mengiris pada duaobyek atau lebih.• “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.• Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = LampButtons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = AnimationButtons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons,F11 = Last Render, F12 = Render.• “I” key – Berfungsi buat memasukkan animasi.• ALT + “U” – Berfungsi buat menampilkan “Global Undo Command”.• ALT + “C” – Berfungsi buat mengkonversi menjadi meshes, text &curves.• Shift + Space – Berfungsi buat menampilkan seluruh layar atau hanya dalamviewport yg aktif saja.• Ctrl + “0” – Berfungsi buat memilih sebuah camera.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *