Jago Animasi: Mengenal Tool Dan Perintah Dasar Pada Blender 3d

Membahas tentang blender, niscaya nir terdapat habisnya karena perangkat lunak yang satu ini adalah software yang direkomendasikan oleh animator-aniamtor populer.Sebelum kita menilik aplikasi blender ini tentunya kita wajibmengenal tools dan perintah dasar yg ada dalam blender supaya bisa memepermudah pembelajaran yg selanjutnya.karena menurut pepatah tidak kenal maka tidak sayang. jadi kita wajibmengenal dan tahu satu per satu tool yang ada pada blender.

·         TAB key – Berfungsi buat mengganti antara “edit mode” & “object select mode”.

·         “O” key –Berfungsi buat mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.

·         “A” key – Berfungsi buat memilih semua vertices yang masih ada pada sebuah obyek.

·         “B” key – Berfungsi buat menentukan poly obyek menggunakan memakai windows drag.

·         Space bar – Berfungsi buat menampilkan menu tool.

·         Number pad – Berfungsi buat mengontrol view. “7” buat “top”, “1” buat “front”, “tiga” buat “side”, “0” buat “camera”, “5” buat “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” & “-“ buat memperbesar atau memperkecil.

·         Mouse – Klik kiri berfungsi buat membarui, Klik kanan berfungsi buat menentukan, Klik tengah atau scroll berfungsi buat memperbesar & merotasi view.

·         Shift key – Berfungsi buat menentukan obyek lebih dari satu menggunakan cara menahan tombol Shift & Klik kanan.

·         Arrow key – Berfungsi buat pembuatan frame dalam sebuah animasi.

·         “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.

·         “S” key – Berfungsi buat mengatur skala sebuah obyek atau vertices.

·         “G” key – Berfungsi buat memindahkan sebuah obyek atau vertices.

·         “P” key – Berfungsi buat memisahkan vertices yg dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.

·         Shift + “D” – Berfungsi buat menduplikat sebuah obyek atau vertices.

·         “E” key – Berfungsi buat meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.

·         “U” key – Didalam “object mode” berfungsi buat menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi menjadi “undo”.

·         “M” key – Berfungsi buat memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi menjadi “Mirror”.

·         “Z” key – Berfungsi buat merubah view berdasarkan wireframe menjadi solid.

·         Alt + “Z” – Berfungsi buat merubah view tekstur atau tembus pandang.

·         “P” key – Berfungsi buat memulai mode game.

·         ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk menciptakan atau menghapus hubungan Parent/Child.

·         “N” key – Berfungsi buat menampilkan informasi sebuah obyek pada bentuk numeric.

·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.

·         Alt + “A” – Berfungsi buat menjalankan animasi.

·         “F” key – Berfungsi buat menciptakan sebuah sisi dalam “edit mode”.

·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris dalam 2 obyek atau lebih.

·         “X” atau Delete – Berfungsi buat menghapus obyek, vertices, atau sisi.

·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.

·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.

·         ALT + “U” – Berfungsi buat menampilkan “Global Undo Command”.

·         ALT + “C” – Berfungsi buat mengkonversi sebagai meshes, text dan curves.

·         Shift + Space – Berfungsi buat menampilkan semua layar atau hanya pada viewport yang aktif saja.

·         Ctrl + “0” – Berfungsi buat menentukan sebuah camera.

·         Append = Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari arsip Blender yang satu ke arsip Blender yang lainnya, perlu menggunakan append command.

·         Save = menyimpan hasil kerja

·         Save As = menyimpan output kerja dengan nama lain

·         Export/Import = kemampuan Blender buat mendapat beberapa jenis 3D arsip berdasarkan program lain. Blender bisa menyimpan ke pada bentuk arsip 3D menurut program lain ataupun pula sebaliknya

Add dipakai buat menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D.

Render berfungsi buat melihat output Rendering dan settingnya.

• Help digunakan untuk melihat bagaimana Blender bekerja & banyak sekali jawaban buat pertanyaan berdasarkan user.

Pada View Port, terdapat tiga objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X & Y. & didalam view port ini kita bisa melihat project pada berbagai macam sudut & bisa mengatur letak & kamera serta sebagainya.

Berikut beberapa tools button yang biasa digunakan pada Blender :

Berfungsi buat merogoh objek. Disimbolkan segitiga merah, jika memakai keboard sanggup secara pribadi menekan Ctrl+Alt+G.

Berfungsi buat memutar objek. Disimbolkan berupa bulat hijau, apabila menggunakan keyboard sanggup secara pribadi menekan Ctrl+Alt+R.

Berfungsi buat memperbesar & memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, apabila memakai keyboard mampu secara eksklusif menekan Ctrl+Alt+S.

Berfungsi buat mengabungkan beberapa objek.

Berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot adalah titik pusat suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot merupakan titik sentra menurut suatu objek, secara default pada Blender kita memakai Median Point.

Berfungsi buat menciptakan contoh 3D awal.

Berfungsi buat memindahkan objek berdasarkan vertex.

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar menurut kita sendiri, ataupun menurut bawaan Blender.

Berfungsi buat pembuatan tulang atau bones pada objek.

Berfungsi untuk pembuatan kulit dalam objek atau contoh.

Berfungsi buat pembuatan animasi atau objek berkecimpung secara timeline/ waktu.

Berfungsi buat pembuatan particle dalam objek atau contoh.

• Multiple obyek: shift + klik kanan

• Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf

• Menghapus obyek (vertex, edge, face): x

• Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel

• Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C ; Gunakan sajian ini buat select Center New, Center Cursor atau ObData to Center

• Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bulat

• Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, kemudian LMB-drag ; Untuk zoom obyek menggunakan seleksi kotak

• Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini buat mempercepat perpindahan seleksi

• Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view buat melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi buat mengembalikan ke posisi normal.

• Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale

• Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Qitu merupakan tool-tool yg terdapat pada blender. semoga dengan mengenal tool-tool tersebut kalian bisa menggunakan blender dengan baik tanpa harus galau karena tidak memahami tool. terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *